A. A. Identitas Pengusaha
ASPEK MANAGEMENT
Nama :
: Ibu Agus Suwito
Jabatan dalam
perusahaan :
Komisaris (Pemilik)
Tempat/Tanggal
Lahir : 22
Desember 1937
Alamat
: Jl. Tirtodipuran 18
Yogyakarta
Nama
: Rajendra Baskara
Jabatan dalam
perusahaan : Direktur Utama
Tempat/Tanggal
Lahir
: Yogyakarta,29 Juni 1958
Alamat
: Ngadinegaran MJ III/132
Yogyakarta
B. Identitas
Perusahaan
Nama
Perusahaan
: CV. Batik Indah Rara Djonggrang
Bentuk
Perusahaan
: Persekutuan Komanditer (CV)
Jenis Usaha
Utama
: Industri Batik
Alamat
: Jl. Tirtodipuran No. 18 Yogyakarta
C. Struktur
Organisasi
Meskipun
status perusahaan Batik Indah Rara Djonggrang adalah Persekutuan Komanditer
(CV), tetapi pada dasarnya CV. Batik Indah Rara Djonggrang merupakan perusahaan
perseorangan sehingga struktur organisasinya masih relative sederhana. Meskipun
demikian, struktur organisasi CV. Batik Indah Rara Djonggrang sudah bisa
memenuhi tujuan dasar man power loading yaitu mengorganisasikan sumber
daya manusia kebagian-bagian yang membutuhkan dengan porsi yang seimbang dengan
beban kerjanya. Hasil nyata yang bisa dirasakan dari struktur organisasi
perusahaan adalah adanya garis perintah dan koordinasi yang jelas, sehingga
setiap karyawan dapat saling bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama (goal
congruence). Bagan struktur organisasi secara terperinci dapat
dilihat pada lampiran.
Posisi
pengawasan (Dewan Komisaris) dipegang oleh Ibu Agus Suwito, sedangkan pada
posisi manajemen inti perusahaan dipegang oleh Bapak Rajendra Baskara sebagai
Direktur Utama. Selain manajemen inti tersebut, perusahaan mempunyai 386 orang
karyawan baik pria maupun wanita sebagai tenaga kerja.
D. Personalia
Dalam rangka pembinaan
dan peningkatan kualitas sumber daya manusia, karyawan CV. Batik Indah Rara
Djonggrang telah diikutkan berbagai macam kegiatan kursus dan pelatihan untuk
meningkatkan keahlian maupun ketrampilan sesuai bidang kerja masing-masing.
Kegiatan yang telah dilakukan antara lain :
1. Penataran P4 pola pendukung 25 jam.
2. Kursus proses pembuatan batik sutra alam
3. Kursus computer
4. Penyuluhan mengenai saluran limbah perusahaan
5. Penyuluhan mengenai kesehatan tenaga kerja
6. Penyuluhan mengenai peningkatan mutu produk
7. Penyuluhan mengenai system pengupahan tenaga kerja
8. Pendidikan dan latihan proses pembuatan batik Wool dan masih banyak
kegiatan yang lainnya.
Sebagian besar kegiatan yang dilakukan pada CV. Batik Indah Rara Djonggrang
adalah kegiatan yang membutuhkan kecermatan dan ketelitian, oleh karena itu
komposisi pekerja wanita lebih besar dibandingkan pekerja pria. Hal tersebut
dapat dilihat pada komposisi jumlah karyawan perusahaan sebanyak 386 orang,
yang terdiri dari karyawan wanita sebanyak 239 orang dan karyawan pria sebanyak
147 orang.
E. Sejarah
Berdirinya Perusahaan
Perusahaan Batik Indah
Rara Djonggrang adalah perusahaan yang bergerak dalam industry pembuatan dan
perdagangan batik. Perusahaan ini didirikan di Yogyakarta, tepatnya di Jl. Tirtodipuran
No. 6A (18) Yogyakarta pada tanggal 25 Oktober 1958 oleh apak dan Ibu Agus
Suwito yang pada saat itu berbadan hukum perusahaan perseorangan. Dengan
seiringnya waktu yang terus berjalan, perusahaan ini mengalami perubahan badan
hukum, yakni menjadi CV (Comanditer Venotschop) berdasarkan
keputusan pada Akta Notaris No. 13, tanggal 5 Juni 1973 dan Akta Notaris No.
04, tanggal 1 Mei 1987 oleh Notaris RM. Soerjanto Partaningrat SH, selain itu
terjadi pula regenerasi manajemen dari Bapak dan Ibu Agus Suwito kepada
putranya yang bernama Rajendra Baskara mulai tahun 1991, dimana beliau selaku
Direktur Utama Perusahaan Batik Rara Djonggrang selain berusia muda juga
memiliki latar belakang pendidikan dan pengetahuan yang memadai didalam dunia
usaha, khususnya batik.
Ciri khas yang
tercermin pada perusahaan CV. Batik Indah Rara Djonggrang adalah lebih
mengutamakan kepada padat karya (Labour Intensive) dimana dalam
proses produksi hamper keseluruhan tahapan prosesnya bersifat manual, sehingga
memerlukan jumlah tenaga kerja yang relative banyak dan berorientasi pada
ekspor ke luar negeri (Export Oriented) dimana hal tersebut
terlihat dari besarnya konsumen wisatawan mancanegara serta proporsi penjualan
ekspor yang cukup besar.
Lingkungan bisnis
perusahaan batik ini terbentuk dari beberapa factor, yaitu kondisi wilayah,
kebijakan pemerintah, tingkat persaingan dan perubahan-perubahan yang terjadi
didalam maupun diluar negeri.
Dalam proses produksi,
CV. Batik Indah Rara Djonggrang membutuhkan jenis bahan baku kain berupa 100%
Cotton Prima, 100% Cotton Primissima, 100% Silk atau Sutera, Voillisima, HTS 9,
Berkolissima, Lycra, dan lain-lain yang diganakan untuk bahan baku kain, sedang
alat-alat yang dibutuhkan untuk membatik adalah canting, cap, kompor khusus
batik, wajan kecil, Loyang, malam (lilin khusus batik), gawangan, tempat
penggodokan dan tempat pencelupan, steam, mesin pemanas, screan printing yang
digunakan untuk proses produksi batik dan mesin jahit dan mesin obras serta
alat-alat lain yang menunjang jalannya proses produksi untuk konveksi. Dalam
hal pewarnaan dibutuhkan Naptol dan garam pewarna yang harus diimpor dari
German. Selain itu dalam rangka menyongsong era globalisasi berupa
liberalisasi, CV. Batik Indah Rara Djonggrang mulai menerapkan Total Quality
Management (TQM) pada proses produksinya guna memperoleh sertifikat ISO
9000 dari Departemen Perindustrian dan Perdagangan Republik Indonesia.
F. Misi dan
Tujuan
Sesuai dengan bentuk
perusahaannya yang berbadan hukum, CV. Batik Indah Rara Djonggrang yang
berorientasi pada suatu seni batik tradisional maka memiliki misi untuk :
1. Memperkenalkan seni batik tradisional kepada seluruh masyarakat baikdari
dalam negeri maupun luar negeri.
2. Melestarikan seni batik tradisional yang mulai menghilang akibat segala sesuatu
dalam industri garmen atau pakaian sudah dapat dikerjakan dengan cepat oleh
mesin.
3. Membantu Negara dalam hal menambah devisa Negara.
4. Berusaha mengangkat derajat masyarakat lingkungan sekitarnya.
Sedangkan tujuan CV. Batik Indah Rara Djonggrang adalah memaksimalkan
keuntungan (profitability) sebagaimana perusahaan lainnya. Untuk mencapai semua
itu perusahaan tersebut menerapkan strategi yang relevan, yaitu :
1. Strategi jangka pendek, merupakan strategi yang tidak berdampak pada perubahan
kapasitas produksi.
2. Strategi jangka panjang, merupakan strategi yang berdampak pada pengubahan
kapasitas produksi.
1. G. Hasil Produksi dan Pemasaran
a. Hasil
Produk
CV. Batik Indah Rara
Djonggrang merupakan salah satu bagian dari industri batik yang ada di
Indonesia, maka perusahaan tersebut memproduksi berbagai macam batik sesuai
dengan bahan kain yang digunakan, yaitu :
- Berupa kain baik Sutera, Katun (Primissima dan Prima), Lycra, HTS 9 atau Rayon, Voillisima, Berkolissima, dll.
- Berupa Man, Woman, and Children Wear, atau pakaian Pria, wanita dan anak-anak.
- Berupa House hold atau perlengkapan rumah tangga seperti Taplak Meja, Bed Cover, Dinner Set, Plate snd Glass Mat, Hot mat, dan Apron atau celemek masak.
- Accessories, seperti Wall Hang atau Hiasan dinding, tas, painting atau Lukisan dan lain-lain.
b. Pemasaran
Melihat Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai daerah berpredikat kota pelajar,
budaya dan wisata yang akan mendatangkan suatu dampak yang positif bagi
perkembangan industri batik di wilayah tersebut, karena batik adalah salah satu
cinderamata khas Yogyakarta. Oleh karena itu CV Batik Indah Rara Djonggrang
menyimpulkan bahwa produk batik, khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta
memiliki potensi yang cukup besar.
Dengan adanya peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota Yogyakarta
maka CV Batik Indah Rara Djonggrang melihat ada prospek yang cerah bagi
perkembangan perusahaan. Oleh karena itu perusahaan mengambil langkah dengan
melakukan kerjasama dengan Departemen Pariwisata Pos dan Telekomunikasi DIY
agar dapat dijadikan salah satu obyek wisata bersama perusahaan batik lainnya,
seperti Surya Kencana, Plentong, dan Winotosastro dalam hal memasarkan hasil
perusahaan tersebut. Sehingga menimbulkan hal yang positif bagi perdagangan dan
pembuatan batik, selain itu dari aspek pemasarannya CV Batik Indah Rara
Djonggrang melakukan kegiatan ekspor produk batik ke luar negeri.
H. Lokasi dan
Tata Letak Perusahaan
CV. Batik Indah Rara
Djonggrang dalam melaksanakan kegiatan perdagangan dan pembuatan batik untuk
mencapai misi dan tujuan yang telah ditetapkan, maka perusahaan dalam
beroperasi terdapat dua tempat, yaitu :
1. Jl. Tirtodipuran 6A (18) Yogyakarta sebagai kantor, Pabrik dan artshop atau
galeri. Dengan luas tanah sebesar 1.231 m2 dan luas bangunan sebesar
1.300 m2 (2 lantai).
2. Jl. Imogiri Barat km 5 Bangunharjo, Sewon, Bantul Yogyakarta sebagai pabrik
dan tempat praktek industri. Dengan luas tanah sebesar 1.164 m2 dan
luas bangunan sebesar 1.012 m2.
sumber :http://raradjonggrang.wordpress.com/profil-perusahaan/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar